There was an error in this gadget

12/29/17

Natal

.: Makna Natal Para Majus Dari Timur :.

Rekan Muda, perna bosen ama Natal en sgala hal yang brubungan ama perayaan Natal? Tau ngga, bisa jadi ini yang bikin kita bosen! Kita cuman ngrayain Natal en kilangan makna Natal. Ngga nyadar kalo ternyata kita ngga ngrenungin ato ngga dapet makna Natal yang bikin kita tambah kenal ama Sang Penebus! Itu yang bikin stamina rohani kita gampang bosen, trus gampang nyerah ato ilfil. Kayaknya kita mesti blajar ama Para Majus Dari Timur (wise men from the east). Ada dugaan kuat daripada alternatif lainnya kalo timur yang dimaksud Alkitab – menurut sebagian besar penafsir Alkitab – berasal dari Babilonia ato Persia. Slain dari sisi geografis paling mungkin (baik Babel maupun Persia sama-sama terletak di sebelah timur), dua kerajaan ini juga terkenal karna ilmu perbintangannya. Slain itu, pengetahuan para majus spesifik banget – tentang kelahiran seorang raja Yahudi yang layak tuk dikunjungin dari jauh en disembah – mungkin nggambari kalo mreka sbelumnya udah tau pengharapan mesianis Yahudi yang bisa jadi karna pengaruh iman kepercayaan Daniel yang saleh terhadap kerajaan ini pada zaman dulu! Babel/Babilonia, jaraknya 1,000 batu (1,610 km) dari Yerusalem; berjarak 1,620 km dari Betlehem. “Para majus dari Timur” demi nyari Kristus, mreka ga takut sgala halangan, laui perjalanan panjang yang makan tempo masa beberapa bulan, nglintasin gunung, en padang gurun yang luas!

Kalo ngga karna ada karya Tuhan dalam hidup mreka yang mreka responin, ngga mungkin juga mreka brani ambil keputusan en berbulan-bulan nyari sapa Raja Orang Yahudi yang baru lahir! Kisah para majus sdikit beda. Para majus temui bayi Yesus di sebuah rumah, bukan di palungan! Lagipula, keputusan Herodes tuk bunuh smua bayi berusia di bawah 2 tahun deket banget ama waktu Hereodes denger kalo ada bayi Raja Yahudi! Ini nggambarin kalo pas para majus nyampe di Yerusalem atau Betlehem, Yesus udah bukan lagi seorang bayi mungil Ia kemungkinan besar udah bisa jalan, karena usianya udah di atas setaun! Yusuf en Mariapun udah pindah dari kandang binatang ke rumah biasa!
Ada beberapa hal yang bisa kita plajarin dari pengalaman para majus:
1.    Mreka ngga ngerti Firman cuman dapet petunjuk ‘bintang’, tapi mreka nyari Yesus, rela berkorban en nempuh jarak jauh tuk temuin Yesus.
Walopun kita ngga ngerti Firman Tuhan, en skalipun kita dianggep bodoh, tapi kalo kita punya hati yang betul-betul nyaari Tuhan en kebenaranNya, Tuhan pasti bakal nunjukin jalan yang benar ama kita! Skalipun ngga tau terlalu banyak tentang kekristenan, asal kita udah trima Yesus jadi Tuhan en juruslamat kita mesti segra ambil langkah penting nanggapin hal itu dengan nyari Yesus!
2.            Mreka nyembah Yesus 
mreka bukan nyembah Maria, en bukan juga Yesus en Maria, tetapi cuman Yesus aja! Skalipun Yesus tampil sbage seorang bayi lemah en ga berdaya, trus ortu Yesus miskin, bukan bangsawan / raja, en bayi itu ada di sebuah rumah, bukan istana.
3.           Mreka ngasih persembahan: emas, kemenyan, mur! Ini juga penting banget! Mreka ngga cuman mo nyembah tapi juga ngasih pemberian barang-barang terbaik dari negeri mreka!
4.            Mreka taat ama wahyu yang Tuhan brikan!
Ini tanda kalo mreka ngga cuman basa basi tapi beneran serius mo nyari bayi Yesus! Mreka peka ama yang Tuhan pringatin dalam hidup mreka! Nurutin kata malekat en pergi diem-diem

Kesimpulannya, kehadiran para majus negesin kalo Yesus itu memang layak disembah en memang Raja yang layak ampe dibela-belin nyari! Kontras banget ama apa yang dilakuin para Iman orang Yahudi, orang sahedrin! 

“Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia.”
Matius 2:2




wassalam
abdiel

12/28/17

Natal

.: Makna Natal Para Gembala Penjaga Kawanan Ternak :.


Rekan Muda, salah satu makna Natal yang ga boleh kita lupain yaitu makna yang didapet para gembala! Mreka penerima brita pertama kalo Yesus udah lahir lho… Napa para gembala trima kehormatan khusus? Padahal  scara status sosial, para gembala pada abad pertama dipandang rendah. Trus kata Kitab Talmud, para gembala ga bisa jadi saksi en ngasih kesaksian di pengadilan. Jadi mreka rupanya golongan yang ga dipercaya scara sosial. Scara agamapun mreka dipandang rendah! Karna tugas mereka cuman jaga ternak, mreka ga bisa plihara Sabat, en ga bisa jalanin ritual upacara agama Yahudi. Blon lagi pandangan kalo kebanyakan gembala itu orang suruhan ato upahan di mana sring kejadian juga, karna tanpa pengawasan maka mreka bisa curang yaitu ambil domba milik tuannya ato ga tanggung jawab ngawasin ternaknya.

Ngga boleh ngiri lho, walopun para gembala yang diundang saksiin kelahiran Yesus itu bukan orang suci, bukan kaum terdidik ato terpelajar, kaum kotor alias bau! Tapi Allah tawarin undangan spesial buat mreka. Allah pilih saksi mata pertama di luar dugaan manusia! Para gembala sendiri juga ngga nyangka bakal dapat kesempatan mulia! Malam yang mreka lewati di padang itu kini jadi malam yang beda. Tadinya stiap malam jaga domba suatu yang bikin capek en bosen tapi kali ini beda! Di tengah rutinitas itu Tuhan hadir!


Ada beberapa hal yang bisa kita plajarin dari pengalaman para gembala:
  • Mereka anggap kata-kata malaikat sebage kata Tuhan! Sapa bilang mreka kelas ‘bawah’ Mreka bisa peka ama Kabar Kesukaan bagi Dunia! Gimana kalo rekan muda denger kata-kata pendeta yang sesuai ama Firman Tuhan? Apa kita juga bisa anggap sebage kata-kata Tuhan?
  • Mereka taat (nanggepin berita Injil en bahkan mreka saling dorong tuk naatin!) Ini yang penting banget! Respon yang amazing dari para gembala! Mreka ga cuman taat, tapi bisa saling nguatin dengen ngomong “Marilah kita pergi…” jangankan untuk dorong yang lain, kita aja kadang (ato sering ya??) ngga taat ama printahNYA!
  • Mreka ga nunda! Ini kliatan dari kata ‘cepat-cepat brangkat’ Pada waktu denger Firman Tuhan, sring ada api yang membara dalam diri kita yang dorong kita tuk taat. Tapi kalo kita nunda ketaatan, api itu ngecil en bisa padam. Karena itu jangan tunda ketaatan. Nunda itu bahaya! Jangan kira smua orang dapat kesempatan bertobat pada saat akhir sperti penjahat yang bertobat di kayu salib!
  • Mereka utamain Yesus lebih dari pekerjaan mreka. Kalo dari profil para gembala yang dapet kehormatan itu, mreka pasti ga ninggalin gitu aja ternaknya. Mungkin mreka masukin ke kandang ato nitipin ama orang lain. Tapi yang jelas mreka tinggalin pekerjaan mreka demi cari Yesus! Gimana ama kita?
  • Mereka ketemu bayi Yesus, trus critain berita dari malaikat pada orang-orang yang di sana! Bahkan mreka memuji Tuhan!
Banyak orang antusias rayain Natal hanya sbage hari raya, ato liburan panjang ato ikut tradisi tanpa lihat siapa en alasan adanya Natal! Kristuslah alasan Natal! Kristus Tuhan, sperti yang disampein malaikat ama mreka. Sambutlah Natal dengan iman sperti gembala yang dengan rendah hati en sederhana!


Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: Marilah kita pergi ke Betlehem 
untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.
Lukas 2:15

wassalam
abdiel

3/30/10

Pengenalan Diri

.: Talentaku :.


Salah satu hal yang penting tuk kenali diri adalah kita ngerti ngga talenta yang udah Tuhan berikan ke kita? Karna kata talenta ngarah pada istilah bakat alam (baca: udah satu paket ama hidup). Jadi kalo rekan muda punya talenta artistik, kamu akan kreatif banget en dikagumi karna hasil karyamu inspiratif banget. Trus slain itu kalo kita bisa tau apa talenta kita, kita akan semakin nyadar kalo Tuhan dah lengkapi kita tuk bisa berkarya en hasilkan sesuatu yang ‘gue banget’. Sesuatu yang bisa bikin kita jadi diri sendiri, nyadar peran en arah kita! Uniknya dalam suatu perumpaman, dijelasin banget kalo kita ga nyadar talenta en ga ngembangin talenta, justru malah jadi masalah. Gimana ga jadi masalah kalo kita sedang dipercaya malah kepercayaan itu kita sia siain. Talenta yang sepaket ama kehidupan adalah anugerah, yang ga bisa didiemin begitu aja. Semakin didiemin kita akan semakin ngrasa ga ada gunanya, ngrasa ’kecil’, bahkan jangan-jangan ntar malah jadi melow en ngomong ’buat apa aku ada!!?!!’ Justru sebaliknya kalo kita maksimalin talenta yang udah diberikan, rekan-rekan brani nglangkah maju, coba en coba, justru kita akan temukan keindahan hidup en takjub juga karna Tuhan dah bikin kita baik adanya!

Rekan muda, penting banget kita ambil langkah awal, yaitu percaya en yakin kalo kita semua pasti punya talenta yang unik. Sebenernya ga ada manusia yang lebih unggul dari yang lain. Seseorang boleh jadi hebat dalam bidang tertentu tapi pasti punya kelemahan di lainnya. Sebaliknya kalo kita lemah dalam bidang tertentu pasti juga punya kekuatan di bidang yang lain. Percaya ama talenta diri ini jadi penting! Rekan muda musti nyadar ada potensi besar dalam dirimu! Talenta yang kita punyai sekaligus jadi arah tuk misi hidup kita yang bermanfaat bagi orang banyak. Keyakinan ini bikin kita percaya pada diri sendiri. Keyakinan akan bantu banget tuk brani berharap, beraksi en berikan dampak.

Ingat, banyak orang gagal bukan karna ga punyai talenta, tapi lebih sering karna ga percaya ato ga yakin kalo dirinya punya talenta. Ironis banget khan ?!!

Gimana cara manfaatin talenta yang udah diberikan? Antara lain:

1. Bikin persiapan

Jadikan talentamu matang seperti buah yang masak di pohon. Rasanya akan sangat enak en bisa dinikmatin! Bikin persiapan, pikirkan konsekuensi telentamu, minta dukungan en arahan, dll

2. Banyak latian teratur

“practice makes perfect.” Latian yang baik en benar akan asah talenta kita en secara ga langsung bantu tuk temukan kekuatan diri kita yang sebenarnya.

3. Bergerak pantang mundur

Inget, ga selamanya mulus kalo dah ada niatan kembangin talenta. Ada kalanya talenta udah disiapin en diasah dengan latihan blon tunjukkan hasil maksimal. Kunci tuk capai kemaksimalan ya pantang menyerah, terus en terus ga kenal lelah berjuang tuk asah en perbaiki talenta yang kita miliki.

Perumpamaan tentang talenta ajarin kita kalo setiap kita dah trima karunia, "masing-masing menurut kemampuannya." Tuhan tau banget kemampuan stiap kita, en DIA harapkan adanya pertambahan! Selamat nggali, nyoba en kembangin diri! GBU


Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan.

Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

Matius 25:29



wassalam
abdiel

3/8/10

Pengenalan Diri


.: Indahnya Hidup :.


Bulan ini bahas pengenalan diri, mulai dari napa kita ada sampe siapa kita. Napa itu penting en ga pernah habis ke bahas, karna:

1. Kita pengen tau siapa kita.

Hal yang paling penting/esensi/utama, yang sering ditanyakan orang adalah napa kita ada, bahkan kadang ada yang brani nanya juga napa kita dilahirin, khan aku ga minta dilahirin!

2. Diri kita unik

Kalo kita dah kenal ama diri kita, kenal kelemahan dan kenal kelebihan, blon brarti kita bener-bener tahu diri kita. Diri kita terlalu luar biasa en rumit tuk dikenali en dipelajari dalam waktu sesaat.

3. Jalani panggilan Tuhan

Nah ini yang terpenting kalo kita mengakui adanya Tuhan! Tuhan jadikan kita ga ngomong soal diri kita tapi ngomong soal mampukah kita nyadar kalo hidup itu bukan kreasi kita en otomatis harus kita jalani sesuai yang menkreasi/udah bikin kita.

Nah, pertanyaan itu bisa dijawab ama berbagai macam jawaban. Ga bisa juga kita salahkan, karna selama seseorang cuman nyari dari lingkungan sekitar bahkan dari dirinya sendiri, jawaban itu tergantung individu masing–masing! Kalau disuruh jawab, aku ngrasa bahwa ada di dunia tuk capai en jalani peran yang pasti jadikan ’gue banget’! Trus lengkapi kebutuhan orang sekitar lingkungan. Misal kalo kita hidup bareng ortu kita, aku jadi pelengkap di kehidupan mereka sebagai anak.

Boleh saja pemikiran di atas di sanggah, bahwa kalo di dunia hanya sebagai pelengkap, tapi beriringnya waktu muncullah tujuan lain, yaitu tuk ambil peran disuatu tempat. Satu pemikiran yang lebih dalam lagi tapi intinya juga jadikan kita pelengkap! Memang pemikiran itu berasal dari logika pikiran manusia belaka. Kalo kita bawa unsur CREATOR kita, jawabannya akan lebih bermakna lagi Kita ada di dunia tuk jadi cerminan CREATOR.

Ada kisah menarik dari Arthur Ashe, Seorang Pemain Tenis Legendaris en pemenang turnamen Wimbledon waktu ngalami masa sekarat karna infeksi AIDS yang didapat pas transfusi darah sewaktu lakukan pengoperasi di hatinya! Dia menjawab salah satu surat yang ia terima berbunyi : “Mengapa Tuhan memberikan kamu penyakit seburuk ini ?”Kemudian Arthur Ashe membalas suratnya :

“Di dunia ini — ada 50 juta anak-anak yang mulai belajar tenis, 5 juta yang belajar tenis secara rutin, 500.000 orang belajar secara profesional, 50.000 orang ikut pertandingan tenis, 5.000 di antaranya berhasil ke Grand Slam, 50 orang yang berhasil ke Turnamen Wimbledon, 4 orang yang ke semi final, 2 orang yang berhasil ke babak Final,

Ketika Saya merayakan kemenangan dan memegang Piala Wimbledon, SAYA TIDAK PERNAH BERTANYA KEPADA TUHAN, “MENGAPA SAYA” ? Dan hari ini walaupun sakit, SAYA TIDAK SEHARUSNYA BERTANYA KEPADA TUHAN, “MENGAPA SAYA” ?

Luar biasa!! Hidup ini indah bila kau tau jalan mana yang benar!!! Temukan karna Dia slalu menantimu!


Saya percaya, tidak ada sesuatu pun di dunia yang bisa lebih efektif membantu seseorang untuk bertahan hidup, bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun, selain kesadaran bahwa hidupnya memiliki makna.

Victor Frankl


wassalam
abdiel

2/27/10

Seputar Cinta


.: Love vs Lust :.


Rekan muda, salah satu masalah besar banget yang slalu muncul di berbagai usia anak muda dari zaman bahula ampe sekarang yaitu masalah bedain antara CINTA ama NAFSU. Dengan bahasa sederhana susah banget ngecek kalo ada orang pacaran, mereka sedang diikat ama perasaan saling cinta ato sedang diikat ama nafsu. Karna seakan kalo sekilas, sepertinya wajar namanya orang saling sayang. Tampilan luarnya kliatan sama, tapi sebenernya sangat beda jauh. Cinta yang murni penuh ama kemurnian niatan tuk jaga en bukan manfaatin ato cari keuntungan apapun. Ada tabel yang bikin kita bisa mikir lebih hati-hati en ngecek:

Cinta itu . . .

Nafsu itu . . .

Lebih banyak memberi

Lebih banyak memanfaatkan

Sama-sama jadi subjek

Jadikan yang lain objek

Jujur

Penuh maksud terselubung

Sabar menunggu

Ingin segera mengambil

Sepanjang masa

Seketika

Setia

Gampang bosan

Yang terpilih

Yang bisa digunakan

Mau mengerti

Minta dimengerti

Berkomitmen

Tergantung situasi

Saling memahami

Memanipulasi

Baik hati

Egois

Maunya nurut

Maunya nuntut

Menerima

Tidak mau tahu

Menghargai

Mengintimidasi

Sebuah anugerah

Sebuah obsesi

Celakanya lagi kalo kita dah jatuh ama nafsu, seakan ada kekuatan yang mau kita bungkus kejatuhan kita itu serapat mungkin en seakan ga perlu ngaku! Itu cuman masa lalu, smua orang juga lakuin, ini cuman khilaf!! Nah masalahnya, nafsu ga bisa brenti ketika cuman disembunyiin. Dia akan slalu muncul en memakan diri kita ampe kitapun yang awalnya ‘menikmati’ jadi bosen en kerasa kosong! Kita perlu tuk hadapi en segera selesaikan ama sosok yang kita percaya bisa bantu kita! Perlu keterbukaan tuk kuasai nafsu! Perlu kenali bedanya antara tujuan cinta en target nafsu. Nafsu yang ga terkendali akan bikin ikatan en kita jadi kecanduan! Tuhan bukannya ga bikin nafsu, tapi naruh nafsu pada bungkus en kendali cinta! Temukan cinta sejati yang ditandai ama keinginan tuk memberi en berkorban, maka nafsu akan tunduk en bisa dikuasai oleh kita!


Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya.

Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu.

Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata

serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

I Yohanes 2:15-16


wassalam
abdiel

Seputar Cinta


.: Keunikan Cinta :.


Akhirnya... datang lagi bulan yang dikatakan orang, ’Bulan Cinta’. Bulan yang bikin kembang, coklat, en segala yang berwarna pink laris manis. Harga bisa berkali-kali lipat dari harga normal en ternyata masih laku juga dijual berapapun harganya. Ck ck ck... sungguh fenomena yang menarik... blon lagi banyak restoran, hotel, mall yang menawarkan paket-paket spesial jelang valentine seperti makan malam berdua, acara meet and greet, en masih banyak lagi. Inilah yang unik dai cinta yang ternyata juga bisa dibisniskan.


Kita perlu ngliat keunikan dalam perasaan yang sering disebut sebagai cinta. Karna salah satu contoh di atas nunjukkin betapa cinta punya gema yang unik. Banyak keunikan dalam keindahan cinta, bahkan terkesan mati rasa. Ga bisa dipungkiri kalau semua orang yang lagi jatuh cinta akan nglakuin apapun tuk penuhi kebutuhan cintanya! Bukan hanya materi yang dimilikinya tapi bahkan nyawanya sendiri akan dikorbankan pada seseorang yang dicintainya! Ini juga keunikan cinta! Ga peduli memang kita normal en pikiran normal, bisa jadi semua yang abnormal akan dilakukan demi mendapat predikat baik di depan yang di cinta.


Ga ada yang dapat tafsirkan cinta dengan kata-kata secara tepat karena cinta bukan sebuah ungkapan, tapi sebuah perasaan en komitmen. Rasa yang kadang ga mudah tuk dimengerti hingga kadang banyak yang tafsirkan dengan cara yang salah. Pertama kali perasaan itu ada, kita kadang ga nyadar, bahkan anggap suatu perasaan biasa. Namun, keakraban yang terjalin seiring bersamanya waktu membuat rasa ketergantungan hadir. Merasa kehilangan saat dia tidak ada, merasa rindu saat tiada bertemu. Perlahan cinta itu mulai tumbuh, namun terkadang belum disadari. Saat rasa cemburu mulai menghinggapi hati, disitulah rasa cinta mulai terungkap.


Saat dia pergi dan menghilang, disitulah rasa cinta terbukti telah berbunga di hati. Kerasa kehilangan, kerasa hampa, kerasa ada bagian yang hilang. Bahkan separuh kebahagiaan dari hidupnya hilang, ck ck. Itulah cinta yang mungkin dirasakan sebagai pengalaman berharga yang takkan terlupakan selamanya, meskipun nantinya akan ada cinta baru yang mengisi relung hati.


Adakah kita ngerasa CINTA Tuhan dalam hidup kita, seperti tulisan di atas? Temuin keindahan CINTA Tuhan dalam hidup kita!!


Taruhlah aku seperti meterai pada hatimu, seperti meterai pada lenganmu, karena cinta kuat seperti maut, kegairahan gigih seperti dunia orang mati, nyalanya adalah nyala api, seperti nyala api TUHAN!

Kidung Agung 8:6


wassalam

abdiel

2/25/10

Komitmen


.: Komitmen Yang Teguh :.

Jumpa lagi rekan muda! Komitmen ga akan pernah lepas dari hidup orang yang mo maju. Kalo kita mo maju harus terus blajar buat komitmen walau kadang sering gagal! Harus ada proses yang dilakuin, karena Komitmen salah satu bentuk proaktivitas, ia lahir dari akal yang mikir dengan sadar, bukan cuman sekedar ’anget-anget tai ayam’! Kesadaran bukan di otak, tetapi berpusat dihati. Hati adalah alat tuk hayati, makanya komitmen itu hasil kerja hati ama penghayatan. Selain itu komitmen perlu pengorbanan yang sepertinya ‘ga keliatan’ tuk capai suatu hasil nyata. Akhirnya, kalo kita mo blajar punya komitmen yang teguh, kita perlu tau kalo komitmen merupakan tindakan yang berlandaskan keyakinan yang dapat dibuktikan antara kata ama perbuatan, bukan omong kosong! Karna itu pikirkan konsekuensi jauh ke depan kalo kita lagi mo bikin komitmen!


Ada orang yang ngomong kalo kita minat terhadap sesuatu, kita mungkin ngerjainnya karena itu menyenangkan. Tapi kalo kita punya komitmen terhadap sesuatu, kita ga punya dalih apa pun kecuali harus capai tujuan kita!! Begitu pula yang bisa kita lihat dari tokoh-tokoh yang berhasil. Mereka punya komitmen yang teguh! Ga bisa digoda ato digeser ama apapun.

Michael Jordan (MJ), salah satu tokoh besar dalam olah raga bola basket pernah ngomong : ”Saya tidak akan pernah menyerah, betapapun sakitnya, betapapun lelahnya, betapapun lemahnya. Saya merasa bertanggung jawab atas tim saya, kota Chicago, telah memberikan yang terbaik....” en apakah hasilnya? Walopun ga dapat dipungkiri, keberhasilan Chicago Bulls dan MJ, juga berkat peran sang pelatih, Phil Jackson yang berhasil ciptain sebuah sistem yang kompak. Phil sadar bahwa sistem itu harus didukung komitmen, setia, en percaya dari seluruh tim. Ternyata sistem itu ga bisa diterima MJ. Sistem ini ga mudah bagi MJ, karna MJ harus berbagi bola, percayai rekan-rekan satu tim en biarin mereka yang masukkan bola. Namun karna komitmen, perlahan-lahan sistem ini berjalan, dan hasilnya pertengahan musim, Bulls memenangi 24 dari 27 pertandingan.


Rekan muda, selalu ada harga yang perlu kita bayar tuk punya komitmen! Jangan takut! Ambil itu en rasakan penyertaan Tuhan nyertain kita!


Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku,

Filipi 3:13

wassalam

abdiel