Powered By Blogger

3/30/10

Pengenalan Diri

.: Talentaku :.


Salah satu hal yang penting tuk kenali diri adalah kita ngerti ngga talenta yang udah Tuhan berikan ke kita? Karna kata talenta ngarah pada istilah bakat alam (baca: udah satu paket ama hidup). Jadi kalo rekan muda punya talenta artistik, kamu akan kreatif banget en dikagumi karna hasil karyamu inspiratif banget. Trus slain itu kalo kita bisa tau apa talenta kita, kita akan semakin nyadar kalo Tuhan dah lengkapi kita tuk bisa berkarya en hasilkan sesuatu yang ‘gue banget’. Sesuatu yang bisa bikin kita jadi diri sendiri, nyadar peran en arah kita! Uniknya dalam suatu perumpaman, dijelasin banget kalo kita ga nyadar talenta en ga ngembangin talenta, justru malah jadi masalah. Gimana ga jadi masalah kalo kita sedang dipercaya malah kepercayaan itu kita sia siain. Talenta yang sepaket ama kehidupan adalah anugerah, yang ga bisa didiemin begitu aja. Semakin didiemin kita akan semakin ngrasa ga ada gunanya, ngrasa ’kecil’, bahkan jangan-jangan ntar malah jadi melow en ngomong ’buat apa aku ada!!?!!’ Justru sebaliknya kalo kita maksimalin talenta yang udah diberikan, rekan-rekan brani nglangkah maju, coba en coba, justru kita akan temukan keindahan hidup en takjub juga karna Tuhan dah bikin kita baik adanya!

Rekan muda, penting banget kita ambil langkah awal, yaitu percaya en yakin kalo kita semua pasti punya talenta yang unik. Sebenernya ga ada manusia yang lebih unggul dari yang lain. Seseorang boleh jadi hebat dalam bidang tertentu tapi pasti punya kelemahan di lainnya. Sebaliknya kalo kita lemah dalam bidang tertentu pasti juga punya kekuatan di bidang yang lain. Percaya ama talenta diri ini jadi penting! Rekan muda musti nyadar ada potensi besar dalam dirimu! Talenta yang kita punyai sekaligus jadi arah tuk misi hidup kita yang bermanfaat bagi orang banyak. Keyakinan ini bikin kita percaya pada diri sendiri. Keyakinan akan bantu banget tuk brani berharap, beraksi en berikan dampak.

Ingat, banyak orang gagal bukan karna ga punyai talenta, tapi lebih sering karna ga percaya ato ga yakin kalo dirinya punya talenta. Ironis banget khan ?!!

Gimana cara manfaatin talenta yang udah diberikan? Antara lain:

1. Bikin persiapan

Jadikan talentamu matang seperti buah yang masak di pohon. Rasanya akan sangat enak en bisa dinikmatin! Bikin persiapan, pikirkan konsekuensi telentamu, minta dukungan en arahan, dll

2. Banyak latian teratur

“practice makes perfect.” Latian yang baik en benar akan asah talenta kita en secara ga langsung bantu tuk temukan kekuatan diri kita yang sebenarnya.

3. Bergerak pantang mundur

Inget, ga selamanya mulus kalo dah ada niatan kembangin talenta. Ada kalanya talenta udah disiapin en diasah dengan latihan blon tunjukkan hasil maksimal. Kunci tuk capai kemaksimalan ya pantang menyerah, terus en terus ga kenal lelah berjuang tuk asah en perbaiki talenta yang kita miliki.

Perumpamaan tentang talenta ajarin kita kalo setiap kita dah trima karunia, "masing-masing menurut kemampuannya." Tuhan tau banget kemampuan stiap kita, en DIA harapkan adanya pertambahan! Selamat nggali, nyoba en kembangin diri! GBU


Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan.

Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.

Matius 25:29



wassalam
abdiel

No comments:

Post a Comment