Powered By Blogger

12/28/17

Natal

.: Makna Natal Para Gembala Penjaga Kawanan Ternak :.


Rekan Muda, salah satu makna Natal yang ga boleh kita lupain yaitu makna yang didapet para gembala! Mreka penerima brita pertama kalo Yesus udah lahir lho… Napa para gembala trima kehormatan khusus? Padahal  scara status sosial, para gembala pada abad pertama dipandang rendah. Trus kata Kitab Talmud, para gembala ga bisa jadi saksi en ngasih kesaksian di pengadilan. Jadi mreka rupanya golongan yang ga dipercaya scara sosial. Scara agamapun mreka dipandang rendah! Karna tugas mereka cuman jaga ternak, mreka ga bisa plihara Sabat, en ga bisa jalanin ritual upacara agama Yahudi. Blon lagi pandangan kalo kebanyakan gembala itu orang suruhan ato upahan di mana sring kejadian juga, karna tanpa pengawasan maka mreka bisa curang yaitu ambil domba milik tuannya ato ga tanggung jawab ngawasin ternaknya.

Ngga boleh ngiri lho, walopun para gembala yang diundang saksiin kelahiran Yesus itu bukan orang suci, bukan kaum terdidik ato terpelajar, kaum kotor alias bau! Tapi Allah tawarin undangan spesial buat mreka. Allah pilih saksi mata pertama di luar dugaan manusia! Para gembala sendiri juga ngga nyangka bakal dapat kesempatan mulia! Malam yang mreka lewati di padang itu kini jadi malam yang beda. Tadinya stiap malam jaga domba suatu yang bikin capek en bosen tapi kali ini beda! Di tengah rutinitas itu Tuhan hadir!


Ada beberapa hal yang bisa kita plajarin dari pengalaman para gembala:
  • Mereka anggap kata-kata malaikat sebage kata Tuhan! Sapa bilang mreka kelas ‘bawah’ Mreka bisa peka ama Kabar Kesukaan bagi Dunia! Gimana kalo rekan muda denger kata-kata pendeta yang sesuai ama Firman Tuhan? Apa kita juga bisa anggap sebage kata-kata Tuhan?
  • Mereka taat (nanggepin berita Injil en bahkan mreka saling dorong tuk naatin!) Ini yang penting banget! Respon yang amazing dari para gembala! Mreka ga cuman taat, tapi bisa saling nguatin dengen ngomong “Marilah kita pergi…” jangankan untuk dorong yang lain, kita aja kadang (ato sering ya??) ngga taat ama printahNYA!
  • Mreka ga nunda! Ini kliatan dari kata ‘cepat-cepat brangkat’ Pada waktu denger Firman Tuhan, sring ada api yang membara dalam diri kita yang dorong kita tuk taat. Tapi kalo kita nunda ketaatan, api itu ngecil en bisa padam. Karena itu jangan tunda ketaatan. Nunda itu bahaya! Jangan kira smua orang dapat kesempatan bertobat pada saat akhir sperti penjahat yang bertobat di kayu salib!
  • Mereka utamain Yesus lebih dari pekerjaan mreka. Kalo dari profil para gembala yang dapet kehormatan itu, mreka pasti ga ninggalin gitu aja ternaknya. Mungkin mreka masukin ke kandang ato nitipin ama orang lain. Tapi yang jelas mreka tinggalin pekerjaan mreka demi cari Yesus! Gimana ama kita?
  • Mereka ketemu bayi Yesus, trus critain berita dari malaikat pada orang-orang yang di sana! Bahkan mreka memuji Tuhan!
Banyak orang antusias rayain Natal hanya sbage hari raya, ato liburan panjang ato ikut tradisi tanpa lihat siapa en alasan adanya Natal! Kristuslah alasan Natal! Kristus Tuhan, sperti yang disampein malaikat ama mreka. Sambutlah Natal dengan iman sperti gembala yang dengan rendah hati en sederhana!


Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: Marilah kita pergi ke Betlehem 
untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita.
Lukas 2:15

wassalam
abdiel

No comments:

Post a Comment