Powered By Blogger

11/22/09

Tujuan Wong Enom

.:: WONG ENOM ::.

SEMANGAT!!! Tanpa sadar en ga terasa pula umur kita akan nambah ... tambah tuwir... ato kalo mo tambah keliatan waspada, kalo kita ulang tahun berarti jatah kita hidup di dunia semakin sedikit lagi. Nah, dalam rangka itulah tema dipilih tuk jelasin spirit/semangat/ruh, ato terserah deh apa namanya, dari WONG ENOM! Ada banyak harapan yang terkandung tuk memandang masa depan dimana ada TUHAN yang dengan sabarnya nunggu kita bergerak cepat sesuai panggilan kita!! Jika kita bisa jadi ‘WONG ENOM’ maka paling engga kita dah punya salah satu ciri ato kriteria jadi Pahlawan!

'Uwong Enom' ato singkatnya wong enom adalah terjemahan sederhana dari orang muda. 'Uwong sing esih enom-enom', begitulah kira-kira definisi sederhananya. Usia biasanya antara sesudah berkisar, antara usia 17-tahunan, ampe 30-an. Kalo dari sisi sosial, ‘WONG ENOM’ bisa diartiin lebih keren. ‘WONG’ ato dalam bahasa Indonesia disebut orang, memang sebutan umum selain manusia, tapi sering kali diartikan juga sebagai orang dewasa atau udah berhasil. Misal: ‘Aku pengen nantinya bisa jadi orang’, maksudnya ntar kalo dah gede ato dah mencapai usia tertentu aku pengen jadi orang yang berhasil en di’orang’kan oleh lingkungan! Ato misal sebutan orang akan dipake untuk nyebut orang yang udah dewasa, sedangkan yang masih kecil sering ktia sebut masih anak-anak ato masih muda.

Trus kalo istilah ‘ENOM’ identik ama kata muda, enerjik, usai dibawah 30an, kreatif, tapi terkesan blon siap diandalin, blon bisa bagi waktu, blon waktunya dipercaya, berpikir-nya sekali saja, tanpa menghiraukan akibatnya, deelel. Pendeknya kata ‘ENOM’ seringkali jadi sebuah alamat ketidakberesan karna, ya diharap maklum, masih muda en blon pengalaman!

Tapi ketika dua kata itu digabung en jadi sebuah kata yang keren (‘WONG ENOM’ dan kata yang mengikutinya adalah KEDEWASAAN! Memang kedewasaan itu suatu proses. Ga ada orang yang dari kecil langsung berubah jadi dewasa baik dari sisi usia, iman, apalagi karakter. Semua butuhkan proses!!! Tapi inilah uniknya , kalo kita bisa nyadar kedewasaan sebuah proses, en blajar lebih bijak dengan ga pernah anggap diri lebih dewasa dari orang lain (karna kita tau juga kalo standar kedewasaan kita belum tentu benar-benar sama ama standar kedewasaan Tuhan), kita udah dewasa juga! Jadi paling engga, ‘WONG ENOM’ adalah anak muda yang dewasa. Fase ketika manusia tau segala hal yang sedang dan akan dilakukan. Kedewasaan merupakan kesadaran sempurna untuk memilih dan mengetahui konsekuensi jalan hidup yang akan diambil! Hidup WONG ENOM!



wassalam
abdiel

No comments:

Post a Comment